Agretail - Widodo Makmur Unggas Komitmen Dukung Penguatan 10.000 UMKM

Widodo Makmur Unggas Komitmen Dukung Penguatan 10.000 UMKM

Perusahaan peternakan ayam terintegrasi, PT Widodo Makmur Unggas (WMU) menjalin kerja sama dengan Mitra Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Mitra UMKM) Daerah guna mendukung penguatan 10.000 UMKM di Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen WMU untuk maju dan tumbuh bersama dalam menyediakan produk pangan hewani berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Melalui kerja sama ini, WMU akan menjamin pengadaan bahan baku yang halal dan berkualitas. Tidak hanya itu, WMU akan memberikan benefit bagi UMKM seperti adanya potongan harga dan kemudahan dalam skema pembayaran.

Seremonial penandatanganan MoU kerja sama ini dilakukan secara virtual bersama 3 mitra pengelola UMKM dibawah naungan AGRetail.id, yaitu Holistika Institute, The Local Enablers dan Lokalkarya. Mitra UMKM ini mayoritas bergerak di industri makanan olahan. Dengan memastikan kualitas bahan baku serta pendampingan dalam peningkatan kualitas produk yang diberikan oleh WMU bisa menjadi salah satu solusi bangkitnya UMKM di tengah era adaptasi normal baru.

Tri Mahawijaya Herlambang selaku Direktur Pemasaran WMU menyampaikan, melalui unit usaha Commercial Broiler Farm dan Rumah Potong Ayam (RPA) yang dikelola dengan menerapkan sistem pemotongan modern, sertifikasi halal dan NKV (Nomor Kontrol Veteriner), proses penyediaan bahan baku daging ayam dapat terjamin kualitasnya. Ditambah WMU juga memastikan bahwa pasokan bahan baku daging ayam tersebut dapat mencapai ke pelosok Indonesia dan dengan harga terjangkau.

"Melalui berbagai kerja sama yang dijalin dengan berbagai pihak ketiga dan Mitra UMKM, WMU akan menyediakan bahan baku berkualitas yang terjangkau guna mendukung UMKM untuk naik kelas. 10.000 UMKM ini juga akan terus berkembang jumlahnya, karena sekarang ini kita memasuki eranya kolaborasi sehingga kita harus tumbuh bersama untuk mencapai tujuan Indonesia Maju," urai Tri dikutip dari keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (9/9/2020).




Tingginya pelaku UMKM di Indonesia, membuat WMU juga berencana untuk memberikan literasi dan edukasi terkait peningkatan kualitas produk. Target yang dimiliki oleh WMU yaitu untuk konsisten berkontribusi terhadap negeri khususnya untuk keberlangsungan dari UMKM.

"UMKM kini menjadi salah satu kunci pertumbuhan dan garda pertahanan dalam menjaga ekonomi nasional. Namun, Kami para pelaku UMKM juga membutuhkan booster dan pendampingan yang tepat untuk dapat naik kelas. Holistika Institute berharap dengan adanya kerjasama dengan PT Widodo Makmur Unggas dapat menjadi booster untuk mitra UMKM. Kami percaya PT WMU, sebagai perusahan yang dimiliki oleh anak bangsa, dapat merawat kunci pertumbuhan dan garda pertahanan ekonomi nasional, yaitu UMKM," ujar Cecep selaku Ketua Holistika Institute.

Sementara Bambang Bayu selaku Ketua The Local Enablers berharap melalui kerja sama dengan PT Widodo Makmur Unggas dapat membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dan menjadi jembatan akselerasi bagi kemajuan UMKM.

Harapan lain juga disampaikan oleh Erik Dwiharta, Ketua Lokalkarya, menurutnya melalui kerja sama dan dukungan dari WMU, UMKM Indonesia khususnya yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini menjadi lebih semangat memajukan usaha dan produksi yang berkualitas. 

Sebagai catatan, PT Widodo Makmur Unggas (WMU) merupakan anak perusahaan PT Widodo Makmur Perkasa (WMP) yang berbasis di Jakarta, WMU memiliki unit-unit bisnis meliputi breeding farm, hatchery, commercial broiler farm, commercial layer farm, slaughterhouse, dan feedmill di beberapa lokasi fasilitas yang tersebar di Pulau Jawa.


Tulisan ini berasal dari Artikel Investor.id yang berjudul "Widodo Makmur Unggas Komitmen Dukung Penguatan 10.000 UMKM”
Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)