Agretail - Terong Asam dan Aneka Manfaatnya

Terong Asam dan Aneka Manfaatnya


Banyak yang belum tahu khasiat terong asam, padahal ada banyak sekali manfaatnya seperti menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit, mengatasi panas dalam, anti penuaan hingga mencegah penyakit kanker. Jika Anda masih belum mengenal buah tanaman yang satu ini, baca terus untuk mengetahuinya. Meski namanya mungkin sama-sama memuat kata “terong”, namun kenyataannya terong asam  sama sekali berbeda dari terong hijau atau ungu yang kerap kita kenal sebagai salah satu sayuran pelengkap nasi lalapan.

Berdasarkan sejarah, terong asam berasal dari Belanda, oleh sebab itu nama lain terong asam yang populer adalah terong Belanda. Dari segi rasanya saja, buah yang diperkenalkan oleh orang Belanda ini cenderung asam. Oleh sebab itu kebanyakan peminatnya tidak tahan dengan sensasi kecutnya bila harus mengonsumsinya secara langsung. Mereka lebih memilih mengolah terong Asam  terlebih dahulu sehingga menjadi campuran sayur asam, minuman jus atau sop buah. Buah terong Asam berbentuk bulat, dengan tekstur daging buah kenyal, berawarna kuning cerah, memiliki aroma unik dan cairan pada buah yang telah matang. Buah terong asam bayak di temukan di Kalimantan, tumbuh subur di tanah dan iklim sedang, berbuah sepanjang tahun dan satu pohon terong asam dapat menghasilkan lebih dari 100 buah pertahun. Buah terong asam yang bernama latin Solanum betaceum tersebut memiliki beragam khasiat yang tak boleh dipandang enteng. Simak juga penjelasannya....

1. Tubuh tak gampang sakit

Untuk Anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah sehingga mudah sakit-sakitan, tak ada salahnya memanfaatkan kandungan vitamin C yang ada dalam terong Asam . Selain tetap sehat, tubuh juga jadi lebih berenergi karena terong Asam  juga dipadati berbagai nutrisi lain seperti karbohidrat, gula, serta beragam mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium.

2. Mencegah tulang keropos

Dengan adanya beragam mineral yang disebutkan di atas tadi, maka pastinya salah satu manfaat terong Asam  adalah menjaga kepadatan tulang sehingga tak mudah keropos.

3. Penangkal kanker

Hingga saat ini, kanker masih merupakan salah satu vonis mematikan yang banyak ditakuti, khususnya oleh mereka yang keluarga besarnya pernah memiliki sejarah buruk dengan penyakit ini. Oleh sebab itu, agar tubuh jauh dari kanker, kurangi asupan makanan yang bersifat karsinogen, serta minumlah jus terong asam  secara rutin. Khasiat terong asam  dalam mencegah kanker ditengarahi oleh kandungan likopen yang mampu menangkal setiap radikal bebas yang merupakan pemicu timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

4. Menjaga mata tetap sehat

Meski tak sebanyak yang terdapat pada wortel, namun kandungan vitamin A dan karoten dalam terong asam  cukup patut diperhitungkan. Bila selama ini jus wortel tidak pernah sesuai dengan selera lidah Anda, maka cobalah mengonsumsi jus terong asam  sebagai alternatifnya. Niscaya berbagai gangguan mata seperti rabun, silindris, berkurangnya penglihatan karena usia, hingga katarak pun enggan mendekat.

5. Menurunkan kolesterol

Serat dalam terong asam  berkhasiat dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengikis kolesterol jahat. Oleh sebab itu jangan segan minum jus terong asam  usai mengonsumsi makanan tinggi kolesterol agar pembuluh darah tetap bersih dan sehat.

6. Obat alami hipertensi

Dalam 100 gram terong asam , paling tidak terdapat 321 mg potasium. Jumlah ini cukup untuk membantu mempertahankan tekanan darah dan detak jantung agar tetap normal. Oleh sebab itulah, salah satu khasiat terong asam  adalah sebagai obat alami bagi hipertensi.

7. Jantung sehat

Di saat kolesterol turun, pembuluh darah sehat, tekanan darah stabil, maka itu berarti tubuh terbebas dari penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Dan semua itu bisa dicapai berkat khasiat terong asam  yang mengandung banyak mineral potasium dan mangan.

8. Diabetes tipe-2 tak berani mendekat

Meski  kurma mungkin bukanlah buah yang bisa dinikmati oleh penderita diabetes, namun tidak demikian halnya dengan terong asam . Makanan yang memiliki kadar glikemik rendah ini jelas takkan membuat gula darah naik, apalagi serat dalam terong asam  juga bisa menstabilkan gula darah.

9. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan serat dan vitamin B kompleks dalam terong Asam  dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga membantu pergerakan usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Saat sistem pencernaan lancar dan sehat, Anda juga terbebas dari gangguan lambung seperti konstipasi, diare, atau bahkan maag. Usus besar pun tetap berada dalam kondisi sehat dan bila bisa berbicara, ia akan sangat berterima kasih pada Anda.

Bila dari sebuah terong asam  saja, kita bisa memetik banyak manfaat, maka tunggu apa lagi? Segera cari dan konsumsi secara rutin mulai dari sekarang untuk mendapatkan merasakan khasiat terong asam  sekarang juga.

 

 

Penulis: Basyori Saini

Penyunting: Riswandi Abdul R.