Agretail - Semangka Kuning, Si Beda yang Menggoda dari Afrika

Semangka Kuning, Si Beda yang Menggoda dari Afrika

Semangka Kuning berbeda dengan semangka yang sering dijumpai pada umumnya, yang memiliki daging buah berwarna merah. Semangka kuning ini pertama kali ditanam di Afrika. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Food Composition and Analysis,  dalam semangka kuning tidak mengandung likopen. Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada semangka merah, selain pada semangka merah, kandungan likopen juga memberikan warna merah pada buah-buahan lain yang berwarna merah, seperti tomat, jeruk bali, wortel, pamelo,  pepaya, dan jambu biji. Meski semangka kuning tidak mengandung likopen, namun semangka ini mengandung beta-karoten yang juga merupakan antioksidan. Jenis antioksidan seperti ini sama seperti yang ada pada wortel dan kentang.


Semangka Kuning mempunyai rasa yang lebih manis dan daging buah yang lebih tebal dari Semangka Merah pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh proses budidaya buah. Selain itu, jika dibandingkan dengan semangka merah, semangka kuning mengandung vitamin C yang tinggi, karena itulah manfaat buah semangka kuning dipercaya dapat mencegah sariawan lebih baik dibandingkan dengan semangka merah. Tingginya kandungan vitamin C di dalam semangka kuning juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.




Berikut  ini merupakan beberapa manfaat dari semangka kuning:

Menangkal radikal bebas

Mengontrol tekanan darah

Mencegah sembelit dan dehidrasi

Sumber kolagen yang baik

Mengatasi radang sendi

Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Mencegah munculnya masalah prostat

Asupan gizi yang baik untuk ibu hamil

Menjaga kesehatan rongga mulut

Mengatasi nyeri otot


Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil semangka kuning, seperti Bandung, Bulukumba, Lumajang, Kebumen, dan Grobogan. Kabarnya, Semangka Kuning dari petani di Bandung akan mulai dipanen minggu depan, dengan kapasitas produksi mencapai 1.5 ton dalam satu kali panen.


Penulis: Riswandi Abdul R.


Sumber referensi:

https://doktersehat.com/semangka-merah-dan-kuning-ternyata-memiliki-manfaat-yang-berbeda-lho/

https://www.sehatq.com/artikel/tak-kalah-bernutrisi-dari-semangka-merah-ini-kandungan-semangka-kuning