Agretail - Sambal Nusantara Part 2

Sambal Nusantara Part 2

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, sambal merupakan pendamping makanan yang tidak boleh dilewatkan. Sambal juga diketahui kerap dibawa oleh masyarakat Indonesia ketika melancong ke negeri orang. Ungkapan “tidak lengkap jika tanpa sambal” memang begitu melekat bagi lidah orang Indonesia.

Setelah sebelumnya kita mengulas 5 macam sambal di Indonesia, kali ini kita akan melanjutkan dengan mengulas 5 sambal lainnya. Berikut ini adalah 5 macam sambal yang ada di Indonesia part 2.

  1. Sambal Roa


Sumber: beritarakyat.asia

Sambal satu ini berasal dari kota Manado. Seperti yang diketahui bahwa Manado merupakan surga bagi masakan pedas, tak terkecuali sambal roa. Sambal roa dibuat dengan menggunakan ikan roa asap yang menjadi daya tarik dari sambal satu ini.

Ikan roa sendiri adalah jenis ikan terbang yang hanya dapat ditemui di perairan Sulawesi. Sambal roa memiliki rasa gurih yang khas. Rasa gurih didapat dari campuran ikan roa yang ada didalamnya. Untuk membuat sambal roa, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: ikan roa asap, cabai, bumbu rempah dan tomat.

  1. Sambal Tomat

Sumber: diadona.id

Sambal tomat adalah sambal yang biasanya terdapat di Pulau Jawa. Sambal satu ini menggunakan campuran tomat sehingga rasa yang dihasilkan tidak begitu pedas. Sambal tomat juga memiliki tekstur berair yang berasal dari tomat itu sendiri.

Sambal tomat memiliki rasa asam manis yang segar, cocok menjadi pendamping nasi dan lauk yang hangat. Selain tomat, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini antara lain: bawang putih, cabai, garam, bawang merah, gula dan terasi.  

  1. Sambal Dabu - Dabu

Sumber: warungbirudaun.com

Selain sambal roa, Manado juga memiliki sambal lain yang tak kalah lezat, yakni sambal dabu-dabu. Sambal dabu-dabu adalah sambal yang hampir mirip dengan sambal matah akan tetapi, sambal dabu-dabu tidak menggunakan sereh, terasi, daun jeruk, dan bawang putih. Sambal dabu-dabu terkenal memiliki rasa yang segar dan aroma yang khas.

Sambal satu ini biasa dikonsumsi dengan cara disiram ke lauk pauk, seperti ikan, daging dan ayam. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal dabu-dabu antara lain: tomat, cabai rawit merah, kemangi, bawang merah, garam, batang daun bawang, dan jeruk nipis. 

  1. Sambal Kecap


Sumber: resepmasakandapurarie.com

Sambal kecap ini juga punya rasa yang segar karena bahan-bahan yang fresh tanpa perlu digoreng. Jenis sambal ini terdiri dari irisan cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah yang diiris tipis, lalu disiram dengan kecap manis. Sambal kecap ini paling enak menjadi pendamping kala menyantap sajian gorengan yang menggoda. Sambal kecap memiliki rasa pedas manis yang lezat dan dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

  1. Sambal Pecel