Agretail - Langkah AGRetail Tulungagung Mendapat Apresiasi Dirjen Kemendes

Langkah AGRetail Tulungagung Mendapat Apresiasi Dirjen Kemendes

Wabah corona menghantam berbagai sendi kehidupan. Tak hanya sektor kesehatan yang terkena dampak, wabah corona juga meluluhlantakkan sektor perekonomian. Penyebaran virus yang mengharuskan aktivitas manusia dilakukan secara social distancing (jarak sosial) dan dalam kadar ekstrem melakukan langkah lockdown yang berdampak pada perlambatan aktivitas ekonomi (supply and demand). 

Semenjak wabah corona merebak di Indonesia pada bulan Maret 2020, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sub-sektor yang terdampak secara signifikan terutama untuk usaha berskala mikro. Padahal UMKM memiliki peran sentral dalam menopang perekonomian Indonesia. Sekitar 90 persen tenaga kerja terserap pada sektor ini dan kontribusinya terhadap PDB sebesar 60 persen.

Melihat permasalahan tersebut, platform e-commerce AGRetail.id Tulungagung hadir untuk berkontribusi menumbuhkan semangat para pelaku UMKM dengan membantu memasarkan produk UMKM melalui online dan jejaring AGRetail.id di seluruh Indonesia. Dengan semangat untuk tumbuh dan berdaya bersama, AGRetail.id mengkampanyekan solusi ODOS (Over Demand Over Supply) ke para mitra dan meyakinkan mitra bahwa dengan bergandengan tangan, UMKM bisa melewati ujian ini.

Gerakan AGRetail.id untuk membantu UMKM ternyata dapat perhatian dari Dirjen Pengembangan Daerah Tertinggal Kementerian Desa dan PDT, Bapak Samsul Widodo. Disela kunjungan kerja Beliau di Tulungagung pada hari Sabtu, 25 Juli 2020, beliau menyempatkan diri untuk melihat langsung peran AGRetail.id Tulungagung dalam membantu pelaku UMKM. 

Bertempat di UMKM Banana Golden Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, Bapak Samsul Widodo berdiskusi dengan tim AGRetail.id Tulungagung dan juga beberapa perwakilan UMKM. Dalam diskusi yang berlangsung secara hangat, Bapak Samsul Widodo sangat mengapresiasi langkah nyata AGRetail.id Tulungagung membantu UMKM baik dari segi pemasaran dan juga akses permodalan. 

“Dikala stakeholder yang lain masih berfikir strategi untuk menyelamatkan UMKM yang menjadi sokoguru ekonomi Bangsa Indonesia, AGRetail.id Tulungagung sudah memberikan langkah konkrit ke mitra UMKM melalui pemasaran online dan juga akses permodalan”, ungkap beliau. Menutup diskusi dengan AGRetail.id Tulungagung dan mitra UMKM, Bapak Samsul Widodo berpesan kepada para pelaku UMKM untuk lebih percaya diri dalam menampilkan produk mereka. 

Beliau juga menambahkan bahwa produk UMKM perlu diberikan sentuhan lebih pada branding dan kemasan produk. Hal ini agar produk UMKM menjadi lebih menarik dan nilai jual produknya pun bisa terangkat. Sedangkan, untuk AGRetail.id Tulungagung beliau berpesan untuk lebih fokus ke perdagangannya, membuka pasar dan membantu konsep branding para mitra yg sudah bergabung.