Agretail - Ini Efek Baik Bawang Bombay Bagi Tubuhmu

Ini Efek Baik Bawang Bombay Bagi Tubuhmu

Bawang bombay masuk ke Indonesia pertama kali dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombay, India. Oleh karena itu, nama bawang yang satu ini dinamakan sesuai dengan daerah asalnya. Namun, kota Bombay kini berubah nama menjadi kota Mumbai. Bawang yang hidup di wilayah yang berudara dingin ini memiliki rasa yang berbeda dengan bawang putih atau bawang merah. 

Selain menjadi penyedap rasa masakan, bawang bombay juga biasa digoreng menjadi onion ring atau bisa juga dikonsumsi secara langsung. Selain menjadi penyedap rasa, bawang bombay memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari hellosehat, berikut adalah berbagai manfaat bawang bombay bagi tubuh.

1. Kesehatan jantung

Salah satu kandungan yang terdapat pada bawang bombay adalah kalium yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang bombay juga mengandung quercetin yang mampu membantu kalium untuk menjaga tekanan darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan meningkatnya kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah, sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Jadi buat kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, bawang bombay cocok untuk menjadi salah satu daftar menu makanmu.

2. Mencegah terjadinya kanker

Bawang bombay masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Senyawa organosulfur yang terdapat pada kelompok sayuran allium dikenal mampu mencegah kanker perut dan kolorektal (usus besar). Mekanismenya, senyawa organosulfur berperan untuk mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Quercetin pada bawang bombay juga dikenal sebagai agen anti kanker yang kuat.

3. Menjaga mood

Kandungan selanjutnya pada bawang bombay adalah folat yang memiliki manfaat untuk mengurangi gejala depresi. Mekanismenya adalah folat berfungsi untuk mengurangi terbentuknya homosistein, yakni senyawa yang mencegah darah dan zat gizi menuju otak.

Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih optimal mengatur suasana hati, siklus tidur, dan juga nafsu makan.

4. Menguatkan kekebalan tubuh

Salah satu kandungan pada bawang bombay lainnya adalah polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Seperti yang diketahui bahwa antioksidan mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin pada bawang bombay juga dapat membantu mengurangi reaksi alergi dengan membantu memproduksi histamin, yang membuat bersin hingga gatal.

5. Menjaga fungsi sistem pencernaan

Serat merupakan kandungan yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dalam bawang bombay, terdapat serat khusus yang disebut dengan oligofructose. Serat ini mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Selain itu, oligofruktosa ini juga dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati diare.

6. Menjaga kadar gula darah

Studi dalam jurnal Environmental Health Insights menyatakan bahwa bawang bombay sangat berguna untuk orang-orang dengan diabetes. Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang makan bawang bombay merah dalam penelitian ini menunjukan kadar gula darah yang lebih rendah hingga 4 jam kedepan.

Kromium yang terdapat dalam bawang bombay memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin.

Dengan rasa dan manfaat tersebut, tidak salah jika bawang bombay menjadi favorit bagi masyarakat. Apakah bawang bombay salah satu favorit mu? Kamu bisa lho beli bawang bombay favoritmu di AGRetail.id. Yuk cek produknya!

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-bawang-bombay/