Agretail - Dynamic Collaboration Antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Agretail.id

Dynamic Collaboration Antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Agretail.id

"Dynamic Collaboration" mungkin ini adalah kalimat yang tepat menggambarkan bagaimana hubungan pemerintah, LPB Baprida, Agretail.id dan petani dalam  menyikapi turunnya harga rata-rata komoditas sayur terutama Cabe Rawit Hiyung di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. 

Sudah sejak agustus lalu, harga Cabe Rawit Hiyung yang dinobatkan sebagai cabe terpedas di Indonesia mengalami penurunan, dimana yang biasanya di jual sekitar Rp 65 ribu per kilo kini hanya Rp 25 ribu per kilo. 

Tentu menjadi PR bersama agar hasil panen bisa diserap oleh pasar, apalagi bahan produk sayur terutama Cabe Rawit merupakan produk pertanian  yang mudah busuk, karena itu produk pengolahan pasca panen sangat diperlukan untuk menjaga harga yang kian anjlok.

Langkah ini dilakukan sesuai dengan tujuan inovasi dari Desa Hiyung yang mulai dilakukan sejak dua tahun yang lalu, yaitu membuat produk pasca panen berupa Bubuk Cabe Rawit Hiyung  maupun Sambal Cabe Rawit Hiyung, agar daya jual dan daya simpan bisa meningkat dan menjadi penyelamat ekonomi petani saat harga cabe jatuh seperti saat ini.

Oleh karena itu, pada tanggal  31 agustus 2020. Bupati Tapin, Bapak Arifin Arpan mengundang Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian, Dinas PUPR , Petani Desa Hiyung, Anggota DPRD Tapin, LPB Baprida dan Agretail Tapin untuk saling sharing informasi dalam merencanakan langkah kedepan menyikapi anjloknya harga komoditas sayur terutama Cabe Rawit Hiyung.

Dalam kesempatan ini, Koordinator Agretail Tapin, Djoko Handono menjelaskan  Visi dan Misi Agretail Tapin untuk membantu mensejahterakan petani melalui aplikasi digital Agretail.id sebagai sarana informasi dan sarana pemasaran untuk petani dalam menjual produk pertanian. Sehingga melalui aplikasi Agretail.id ini dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai harga komoditi secara lokal maupun nasional. 

Bupatì Tapin sangat mendukung dan merespon positif dengan adanya Agretail.id di Kabupaten Tapin agar komoditas dan produk UMKM di Kabupaten Tapin bisa dikenal dan dipasarkan melalui Agretail.id. Hal ini juga didukung oleh Dinas Pertanian dan  Perindustrian dengan meng-upgrade rumah produksi Bubuk Cabe Hiyung  dan Sambel Cabe Hiyung serta melengkapi perijinan BPOM untuk produk pasca panen Cabe Rawit Hìyung, agar nantinya bisa diterima konsumen melalui Agretail.id, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Oke, demikian kawan-kawan kita tunggu produk special dari petani Cabe Rawit Desa Hiyung, tentunya di aplikasi Agretail.id

 

Penulis: Djoko Handono
Editor: Riswandi Abdul Rohman